Air Terjun Telunjuk Raung Banyuwangi

Banyuwangi sedang mengembangkan potensi wisatanya. Banyak objek-objek wisata yang kini hadir dan berlomba-lomba menarik perhatian pengunjung, baik lokal maupun asing. Namun, usaha tidak menghianati hasil faktanya pengunjung sudah berdatangan bahkan meningkat setiap tahuannya. Ditambah lagi, kemudahan dengan adanya Bandara dan banyaknya jadwal penerbangan dan maskapai membuat wisatawan yang berkunjung ke Banyuwangi kian bertambah.

Banyuwangi terkenal dengan berbagai macam destinasi wisatanya, dari mulai wisata alamnya, wisata pantai, wisata religi, hingga wisata sejarah ada dan siap untuk di eksplore. Didukung oleh guide-guide lokal yang profesional akan menambah kesan perjalanan anda selama di Banyuwangi.

Salah satu wisata alam yang menarik yang bisa dikunjungi di Banyuwangi. Diantara banyaknya wisata Air Terjun di Banyuwangi, Air Terjun Telunjuk Raung memiliki cukup banyak peminat. Jalan yang sulit untuk bisa sampai di pusat Air Terjun menjadi tantangan tersendiri bagi wisatawan.

Lokasi Air Terjun Telunjuk Raung

Air Terjun Telunjung Raung terletak di Desa Sumberarum, kecamatan Songgon, Banyuwangi. Jaraknya sekitar 40 KM dari pusat kota dengan waktu tempuh 1 setengah jam dengan kendaraan bermotor.

Meskipun jalanannya cukup terjal, namun masih aman untuk berkendara. Sepanjang jalan menuju lokasi parkir, pengunjung akan disuguhkan pemandangan perkebunan cengkeh, karet, pinus yang lumayan menghilangkan bosan.

Di Area parkir, terdapat fasilitas toilet, musholla juga kantin. Juga taman kecil yang cukup menyejukkan mata. Pemandangan yang disuguhkan pun menyenangkan, jadi penggunjung benar-benar termanjakan.

Akses Menuju Air Terjun Telunjuk Raung

Dari area parkir,Perjalanan menuju Air terjun pun ditempuh dengan tidak terasa karena pemandangan hutan dan alam yang masih belum tersentuh banyak wisatawan yang suka merusak tempat wisata alam. Hutan di sepanjang jalan menuju Air Terjun Telunjuk Raung masih hijau dan asri.

Jalan setapak menuju Air Terjun Telunjuk Raung juga cukup aman dilalui. Berbeda dengan Air Terjun Lider yang harus menyebrangi lebih dari 5 sungai. Hanya saja, butuh banyak energi dalam perjalanannya. Hampir sama dengan Trek di Teluk Hijau, saat berangkat jalanan akan menurun tajam, jadi bayangkan saat pulangnya.

Namun, di tengah perjalanan menuju Air Terjun Telunjuk Raung, pengunjung akan menemukan sawah-sawah kecil dengan tanaman selada air yang segar yang ditanam oleh masyarakat sekitar. Dan juga terdapat kolam yang terbentuk dari sungai kecil dengan air terjun setinggi setengah meter yang juga bisa dinikmati oleh pengunjung dengan berenang di sana. Sungai kecil yang bening kebiruan yang menggoda untuk segera menceburkan diri.

Tidak jauh dari kolam kecil, tibalah di Air Terjun Telunjuk Raung. Pengunjung bisa mendekati Air Terjun namun harus berhati-hati karena bebatuan yang cukup licin dan Arus yang cukup deras.

Tentang Air Terjun Telunjuk Raung

Dinamai Telunjuk Raung karena lokasinya yang lurus dengan Gunung Raung. Gunung Raung sendiri memiliki banyak sumber mata air salah satunya adalah Air Terjun ini. Konon, Sumber mata air dari gunung raung ada 5, dan air terjun ini yang alirannya lurus jika diibaratkan seperti jari-jari aliran air terjun ini seperti telunjuk. Sehingga disebut sebagai Telunjuk Raung.

Menikmati Alam di Air Terjun sangat menegangkan sekaligus menyenangkan, pastikan teman atau keluarga yang diajak main kesini cukup bisa menjaga dirinya sendiri agar tidak tersesat atau hanyut ke sungai.

Objek Wisata di Sekitar Air Terjun Telunjuk Raung

Rasa lelah setelah trekking di Air Terjun Telunjuk Raung, pengunjung bisa mampir sebentar di Area Villa Bejong yang akhir-akhir ini cukup diminati banyak pengunjung karena panoramanya yang indah. Sebuah Villa dengan pemandangan kebun cengkeh, pinus dan tebu yang menyegarkan mata. Ada juga beberapa spot selfie yang disediakan untuk penggemar foto yang instgaramable. Cocok untuk bersantai bersama keluarga atau teman-teman se-geng.

Bisa juga mampir ke Rumah Pinus Songgon, banyak spot selfi yang akan memanjakan anda. Spot-spot selfie yang dibuat di tengah hutan pinus, rumah pohon, dan wahana bermain.

Rute Menuju Air Terjun Telunjuk Raung

Untuk menuju kawasan Air Terjun Telunjuk Raung tidak ada angkutan Umum, harus menyewa mobil atau Ojek. Bisa juga menggunakan mobil pribadi. Ambil arah menuju kota Rogojampi – perempatan kantor pos Rogojampi ambil ke kanan atau ke arah barat menuju songgon – ikuti terus lalu ambil arah Sragi – perempatan Sragi ambil kanan atau belok ke barat – melewati Dusun Pasar – Air Terjun Temcor – pertigaan lalu ikuti petunjuk jalan Air Terjun Telunjuk Raung.

Untuk mempermudah perjalanan anda, bisa juga menggunakan jasa Trip Banyuwangi untuk mengorganisir perjalanan anda menjadi menyenangkan.

Tips dan Trik

– Akses menuju Area Air Terjun Telunjuk Raung cukup sulit sehingga disarankan menggunakan kendaraan jeep/tropper/motor. Bisa juga menyewa settle di area Rumah Pinus Songgon.
– Bisa membawa bekal makanan dan minuman dari rumah tapi wajib membawa kresek untuk membawa pulang kembali sampah sendiri.
– Membawa baju ganti
– Menjaga kebersihan area air Terjun Telunjuk Raung dari parkiran hingga ke pusat air terjun.
– Siapkan kamera atau handphone untuk mendokumentasi kegiatan selama di Air Terjun Telunjuk Raung.
– Disarankan berangkat pagi agar tidak kemalaman di hutan

Paket Wisata Banyuwangi oleh TripBanyuwangi

Paket Wisata Banyuwangi 1 Hari
Paket Wisata Banyuwangi 2 Hari 1 Malam
Paket Wisata Banyuwangi 3 Hari 2 Malam
Paket Wisata Banyuwangi 4 Hari 3 Malam
Open Trip Banyuwangi 2019
Paket Honeymoon Banyuwangi
Paket Meeting / Mice di Banyuwangi

Share:

Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin