Taman Nasional Baluran

Taman Nasional Baluran

Kekayaan Indonesia itu luar biasa. Indonesia dengan keberagaman geografis mempunyai berbagai macam jenis tempat yang sangat menarik. Salah satunya adalah Copy paste dari benua Africa yang ada di perbatasan antara kabupaten Banyuwangi dan Situbondo. Taman Nasional Baluran disebut sebagai Africa Van Java karena kondisi wilayahnya menyerupai padang Savana di Africa.

LOKASI TAMAN NASIONAL BALURAN

Taman Nasional Baluran berada di Desa Wongsorejo, Kec. Banyuputih, Kab Situbondo. Jarak dari Banyuwangi kota kurang lebih 35 kilo meter atau sekitar 1 jam setengah untuk sampai di pintu gerbang Taman Nasional Baluran.

Untuk menemukan pintu masuk Taman Nasional Baluran tidak sulit karena berada di pinggir jalan provinsi Banyuwangi – Surabaya jalur utara. Dan butuh sekitar 20 menit untuk sampai ke Padang Savana. Karena sekarang jalan menuju Padang Savana sudah di aspal, waktu untuk sampai di sana semakin cepat.

Taman Nasional Baluran diambil dari Nama Gunung Baluran. Dengan luas wilayah 25.000 hektar Taman Nasional Baluran memiliki berbagai jenis hutan yang berbeda. Dari hutan rawa, hutan mangrove, hutan musim dan hutan evergreen yang hijau sepanjang tahun.

Ada sekitar lebih dari 20 jenis mamalia yang tinggal di hutan Baluran, diantaranya Banteng , kerbau liar (Bubalus Bubalis), Rusa (Cervus timorensis russa), Kijang (Muntiacus Muntjak Muntjak),Kucing bakau (Prionailurus Viverrinus), macan tutul dan beberapa jenis monyet. Dan ada sekitar lebih dari 150 jenis burung yang tinggal di Taman Nasional Baluran.

SAVANA BEKOL

Taman Nasional Baluran terkenal dengan Padang Savananya yang luas dinamai BEKOL. Tempat dimana kantor pengawasan satwa dan para Satwa berada. Terdapat berbagai macam Satwa liar di BEKOL, yakni Banteng, Rusa, Merak, monyet ekor panjang dan berbagai jenis burung seperti Burung Merak (Pavo Muticus), Bangau Tong-tong (Leptoptilos Javanicus) ,Ayam Hutan Merah dan banyak lagi.

Juga terdapat berbagai jenis flora, yang ketika musim kemarau akan kering berwarna cokelat dan akan berwarna hijau ketika musim penghujan. Entah musim kering atau hujan, Taman Nasional Baluran memiliki kecantikannya sendiri.

Pemandangan pohon kering sudah menjadi icon dari Taman Nasional Baluran, banyak yang menggunakan spot ini sebagai latar Prewedding dan video klip. Waktu terbaik untuk mengambil foto adalahketika matahari terbenam.

Savanah yang memiliki luas sekitar 300 hektar itu merupakan savanah terluas di pulau Jawa. Hamparan Savanah yang dilatari oleh gunung Baluran dan hutan menjadi tempat yang menyenangkan untuk sekedar foto atau menikmati alam. Disini juga terdapat Tower atau menara pemantau setinggi 30 meter, sehingga kita bisa menikmati alam dari atas sekaligus melihat hewan-hewan berkeliaran bahkan selat Bali menggunakan tropong. Namun, untuk mencapai menara ini pengunjung harus menaiki tangga sekitar 200 meter.

PANTAI BAMA

Sekitar 3 Kilometer dari Savana Bekol, terdapat Pantai yang masih sepi bernama pantai Bama. Tapi, pengunjung wajib berhati-hati karena monyet-monyet berkeliaran di Area pantai. Pastikan, barang-barang berharga dan makanan pengunjung terjaga dengan baik agar tidak dibawa oleh Monyet-monyet liar.

Di Pantai Bama, memiliki fasilitas yang lebih memadai. Ada mushola dan kamar mandi untuk ganti pakaian setelah berenang. Ada juga lokasi permainan outbond dan wisma yang disewakan untuk menginap. Pengunjung bisa memasang tenda di Area ini jika ingin menginap. Karena pantai menghadap ke arah timur, maka pemandangan matahari terbit terlihat sangat menakjubkan di Pagi hari.

Di Pantai Bama ini, pengunjung bisa melakukan snorkling dengan dibantu pemandu untuk menyiapkan perlengkapannya. Terdapat beraneka macam terumbu karang di Pantai Bama. Banyak juga anemon laut yang hidup di sana. Pengunjung juga bisa menikmati hutan mangrove di Area pantai. Dimana banyak ikan kecil yang tinggal di anatara akar-akarnya.

Pengunjung juga bisa menikmati panorama hutan Mangrove atau Bakau di sekitar pantai. Ada jalan setapak dimana pengunjung bisa berjalan di atas rawa dan menikmati hutan mangrove lebih dekat. Di area akar pohon mangrove juga tinggal ikan kecil-kecil yang bisa terlihat dari jembatan.

TRICKS AND TIPS

• Gunakan pelindung dari sinar matahari karena di Savanah sangat panas, seperti sunscreen, topi dan kacamata.
• Bawa bekal makanan dan minuman dari rumah, karena jarang ada penjual makanan.
• Berhat-hati pada monyet nakal, jaga barang berharga seperti kamera, kacamata, dompet, tas kecil dan makanan yang dibawa.
• Sebaiknya berkunjung di pagi hingga sore hari karena berbahaya berkendara di malam hari.
• Dilarang membuat api unggun
• Jika ingin mendirikan tenda wajib lapor BKSDA Taman Nasional Baluran.
• Dilarang belusukan di hutan sendirian tanpa pengawasan pegawai Taman Nasional Baluran.
• Untuk foto prewedding, moment matahari terbenam adalah waktu yang terbaik.

PAKET WISATA BANYUWANGI by TripBanyuwangi

Paket Wisata Banyuwangi 1 Hari
Paket Wisata Banyuwangi 2 Hari 1 Malam
Paket Wisata Banyuwangi 3 Hari 2 Malam
Paket Wisata Banyuwangi 4 Hari 3 Malam
Open Trip Banyuwangi 2019
Paket Honeymoon Banyuwangi
Paket Meeting / Mice di Banyuwangi

happy wheel