Wisata Kawah Wurung

Banyuwangi adalah sebuah kabupaten yang ada di ujung paling timur pulau Jawa, kini Banyuwangi sedang menjadi sorotan karena pertumbuhan pariwisatanya yang mulai mendunia. Banyuwangi kaya akan potensi wisata yang menarik untuk dikunjungi. Pemerintah Kabupaten Banyuwangi bersama masyarakatnya bersama-sama mengolah destinasi wisata di Banyuwangi menjadi layak dikunjungi oleh wisatawan, baik lokal maupun mancanegara.

Kawah Ijen, adalah salah satu objek wisata yang memiliki pengaruh tertinggi terhadap perkembangan pariwisata. Hampir semua pelaku wisata di sekitar Kawah Ijen memperoleh dampak baiknya. Pertumbuhan ekonomipun kian naik selurus dengan pertumbuhan pengunjung yang datang untuk menikmati wisata kawah ijen, termasuk wisata di sekitar Kawah Ijen yang sayang untuk dilewatkan.
Di dekat Kawah Ijen, ada sebuah perbukitan yang cantik yang bisa dikunjungi setelah dari kawah Ijen. Banyak spot-spot menarik yang sayang jika dilewatkan. Namanya adalah wisata Kawah Wurung, berbeda dengan Kawah Ijen dengan gunungnya yang aktif, di Kawah Wurung hanya kaldera yang sudah mati.

LOKASI KAWAH WURUNG

Wisata Kawah Wurung adalah salah satu destinasi wisata yang sangat diminati wisatawan lokal. Karena lokasinya yang tidak jauh dari Paltuding, Banyak wisatawan yang mampir dulu ke Kawah Wurung sebelum bertolak ke Hotel atau pulang.

Kawah Wurung terletak di desa Jampit Kec. Ijen – Bondowoso. Butuh waktu sekitar 30 menit untuk sampai di Kawah Wurung dari Paltuding atau 1 jam setengah dari Banyuwangi kota dan satu Jam setengah dari Bondowoso.

Aksesnya cenderung sulit menuju Kawah Wurung, oleh sebab itu disarankan menggunakan kendaraan 4×4 atau jeep atau tropper.

KECANTIKAN KAWAH WURUNG

Kawah Wurung dalam bahasa Banyuwangi berarti Kawah Tidak Jadi. Biasanya Kawah berisi dengan pasir atau batu vulkanik dengan kaldera di tengahnya, berbeda dengan Kawah Wurung hanyalah bukit dengan rumput di seluruh kaldera. Tumbuh hamparan ilalang yang menambah kecantikan di Kawah wurung. Waktu terbaik untuk berkunjung di Kawah Wurung adalah ketika para ilalang berbunga, di bulan-bulan tertentu, akan ada hamparan bunga putih menghiasi di sejauh mata memandang.

Kawah Wurung terkenal dengan sebutan Bukit teletubis, karena bentuknya yang nyaris sama dengan bukit teletubis. Sehingga, cukup menarik perhatian pengunjung untuk datang kesini, entah menikmati alam atau sekedar berfoto.

Tidak hanya ilalang, banyak juga tanaman kentang, kacang tanah,kubis, dan lainnya yang menarik untuk dijadikan background foto. Rata-rata pekerjaan orang-orang sekitar adalah bertanam di area ini. Akan menjadi daya tarik sendiri ketika berwisata di kawah wurung.

VILLA JAMPIT

Ada lagi hal menarik yang ada di sekitar Kawah Wurung yakni Villa Jampit yang ada di desa Jampit. Villa ini milik perkebunan yang bisa dikunjungi oleh wisatan dengan biaya 5000/orang. Villa yang berada di tengah hutan ini memiliki pemandangan yang cantik. Ada kebun bunga di sekitar Villa yang bisa dijadikan spot foto, ada rumah pohon, ada kebun strawberry yang bisa dipetik saat musimnya tiba. Pengunjung juga bisa menemukan kacang makademia disana, kacang yang jarang ada di pasaran atau tempat lain. Lokasinya tidak jauh dari Area Kawah wurung, namun aksesnya cukup sulit, jalannya bertanah dan berpasir sehingga cukup licin untuk motor matic atau mobil biasa.

Villa in juga disewakan, cocok untuk keluarga besar yang ingin berlibur dengan menikmati suasana alam yang dingin dan sejuk. Dipagi hari kadang kabut menghiasi pelataran villa yang membuat suasana terasa syahdu.

TRICKS AND TIPS

– Gunakan travel agent profesional untuk mengatur perjalanan anda yang menyenangkan, karena tur Kawah Wurung bisa dirangkai dengan tur Villa Jampit atau wisata air terjun belerang banyupahit atau air terjun belawan.
– Bawa makanan dan minuman dari rumah, karena tidak ada restaurant atau penjual makanan. Bisa makan dihamparan rumput di tepi Kawah Wurung atau di area Villa jampit
– Pastikan membawa kresek sendiri untuk membuang sampah sendiri, jangan mengotori area Kawah Wurung maupun Villa Jampit.
– Gunakan kendaraan 4×4 karena akses menuju Kawah Wurung cukup sulit
– Bawa kamera, handphone untuk mendokumentasikan kegiatan selama di Kawah Wurung.

PAKET WISATA BANYUWANGI by TripBanyuwangi

Paket Wisata Banyuwangi 1 Hari
Paket Wisata Banyuwangi 2 Hari 1 Malam
Paket Wisata Banyuwangi 3 Hari 2 Malam
Paket Wisata Banyuwangi 4 Hari 3 Malam
Open Trip Banyuwangi 2019
Paket Honeymoon Banyuwangi
Paket Meeting / Mice di Banyuwangi

Share:

Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin