Wisata Rumah Apung Bangsring Banyuwangi, Bangsring Underwater

Secara geografis Banyuwangi berada di ujung timur pulau Jawa dan berbatasan dengan selat bali dan samudra Hindia, Banyuwangi memiliki garis pantai yang cukup panjang, sehingga tidak heran jika Banyuwangi memiliki banyak wisata pantai yang menarik untuk dikunjungi.

Ada perbedaan antara pantai Banyuwangi utara dan Banyuwangi selatan. Jika pantai selatan pasirnya cenderung putih sedangkan pantai Banyuwangi utara pasirnya cenderung hitam.

Ada yang menarik dari wisata pantai di Banyuwangi, pengunjung tidak hanya bisa menikmati alamnya, surga bawah lautnya, tetapi juga bisa belajar tentang laut. Dari beberapa pantai yang ada di Banyuwangi utara, Bangsring Underwater memiliki keunikan tersendiri.

LOKASI BANGSRING UNDERWATER

Bangsring Underwater berlokasi di desa Bangsring kecamatan Wongsorejo. Berada tidak jauh dari Banyuwangi kota, hanya butuh 30 menit sudah sampai di Pantai Bangsring Underwater. Tidak sulit untuk menemukan tempat ini, dari Patung Gandrung terus ke utara sekitar 2 kilo meter setelah Grand Watu Dodol, akan menemukan plang besar bertuliskan ‘Pantai Bangsring Underwater’ tidak jauh dari jalan raya ada jalan masuk menuju pantai.

KEUNIKAN BANGSRING UNDERWATER

Pantai ini dikelola oleh kelompok nelayan setempat, dan menamainya Bangsring Underwater karena kekayaan bawah laut yang mereka kelola bersama-sama. Dulunya Pantai ini disebut Pantai Bangsring, banyak nelayan yang mencari ikan dengan menggunakan racun dan bom untuk mendapat ikan sehingga banyak karang yang rusak dan mati, mereka tidak hanya kehilangan karang tetapi juga ikan-ikan hias yang tinggal di karang-karang tersebut. Kala itu, kelompok nelayan disana berinisiatif untuk membangun kembali karang-karang yang rusak dengan cara menanam kembali karang sebagai rumah –rumah ikan. Mereka juga memberikan edukasi kepada nelayan lain agar tidak lagi menggunakan racun dan bom untuk mendapatkan ikan.

Beberapa tahun berselang, karang-karang yang mereka tanam tumbuh dan ikan-ikan hias kembali hidup di Pantai ini. Pada tahun 2014, pantai ini dibuka, Lalu mereka menamainya sebagai Pantai Bangsring Underwater.

Di Pantai Bangsring Underwater, pengunjung bisa menikmati keindahan bawah laut dengan menyewa peralatan snorkling dengan kisaran harga 35.000 rupiah (2017 – 2018). Snorkling bisa dilakukan oleh pengunjung yang tidak bisa berenang sekalipun, karena ada pembatas seperti jaring di laut sebagai tempat penangkaran ikan hiu. Sehingga, pengunjung tidak perlu takut terseret arus atau tenggelam. Bahkan, pengunjung bisa menikmati pesona bawah laut sekaligus berenang bersama hiu.

RUMAH APUNG

Di tengah pantai terdapat rumah apung dengan ukuran 27 x 7 meter legkap dengan toilet, disana pengunjung bisa melihat banyak ikan hias dan penangkaran hiu seluas 3×3 meter untuk setiap kotak. Dan ada 4 kotak penangkaran hiu. Tidak hanya hiu, tetapi juga lobster, ikan hias dan kerapu. Pengunjung bisa berfoto bersama ikan dengan menggunakan kamera Underwater yang sudah disiapkan oleh guide disana.

Pengunjung juga bisa memberi makan ikan-ikan dengan roti yang juga bisa dibeli disana. Untuk bisa sampai di Rumah Apung Bangsring, pengunjung bisa menyebrang menggunakan perahu seharga 5000 rupiah Selain itu, Pengunjung juga bisa menikmati wahana Banana Boat yang menyenangkan.

AKTIFITAS DI BANGSRING UNDERWATER

Di area konservasi pantai Bangsring Underwater dengan luas 15 hecktar hingga ke selat Bali, memiliki tidak kurang dari 500 jenis ikan hias. Tidak heran, pengunjung pasti puas dengan kegiatan bersnorkling karena ikan hias di sini dan karangnya cantik-cantik.

Jika pulang pada sore hari, pengunjung bisa menikmati keindahan matahari terbenam dari balik gunung merapi. Gradasi warna jingga yang memantul diatas laut akan memanjakan kepulangan para pengunjung dari pantai Bangsring Underwater.

Setelah puas menikmati pemandangan bawah laut dan berenang dengan hiu, pengunjung bisa menikmati wahana edukasi berupa instalasi pengetahuan tentang laut. Pengunjung diajak untuk bagaimana menjaga dan merawat laut bersama-sama. Karena, jika bukan kita siapa lagi yang akan merawat laut?

RUTE MENUJU BANGSRING UNDERWATER

Via Surabaya bisa menggunakan kereta lalu turun di Stasiun Banyuwangi baru, kemudian bisa menggunakan Ojek atau Bus jurusan Situbondo – kemudian naik ojek untuk masuk ke kawasan Bangsring Underwater yang berjarak sekitar 2 kilo meter. Pengunjung bisa menggunakan jasa Trip Banyuwangi untuk mempermudah perjalanan dan kenyamanan anda.

TRICKS AND TIPS

• Gunakan pelindung dari sinar matahari, seperti Kacamata, sunscreen, Topi
• Bawa pakaian berenang
• Kalau bisa bawa snorkel sendiri
• Bisa menyewa kamera untuk dokumentasi bawah laut atau bawa sendiri
• Jika bawa makanan dan minuman sendiri, pastikan membawa kresek untuk dibawa pulang atau dibuang ke tempat sampah. Jangan membuang apapun ke laut kecuali roti untuk makan ikan
• Tidak boleh menginjak karang
• Tidak boleh memberi makan ikan selain roti

PAKET WISATA BANYUWANGI by TripBanyuwangi

Paket Wisata Banyuwangi 1 Hari
Paket Wisata Banyuwangi 2 Hari 1 Malam
Paket Wisata Banyuwangi 3 Hari 2 Malam
Paket Wisata Banyuwangi 4 Hari 3 Malam
Open Trip Banyuwangi 2019
Paket Honeymoon Banyuwangi
Paket Meeting / Mice di Banyuwangi

Share:

Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin